Kamis, 18 Januari 2024

Perjalanan

Seorang wanita mengejar Kereta tapi Kereta telah berlari cepat.

Lalu wanita itu mencari akomodasi yang lain
Sebuah Bus
Suara calo berteriak mencari calon penumpang
Bahkan berebut calon penumpang dengan  calo yang lain.

Ingat ucapan bung Poly 
"Janganlah kita menjadi calo-calo  rohani yang berteriak ; Sorga ! Sorga ! Dan setelah semua penumpang naik dan Bus berangkat, Calo itu tetap di tempat, tidak ikut naik Bus, tidak ikut ke Sorga."
_____________________________________________
Dari 1 bus aku berganti Bus yang lain, berganti dan berpindah lagi, penuh semangat, penuh keingintahuan, ada apakah diperjalananku berikutnya? Sekalipun melalui jalan berkelok yang sempit dan terjal tapi aku tetap bersemangat karena keingintahuanku akan perjalanan selanjutnya.

Berganti Bus lagi mungkin telah ratusan Bus yang aku naiki, telah jutaan kilometer aku lalui, selalu bersemangat didalam setiap perjalananku karena aku selalu berpikir 
"ada harapan"

Sampai pada suatu perjalanan, Bus berhenti disebuah hamparan tanah yang gersang, kering kerontang dan sebuah tulisan besar "Perjalanan telah selesai" 

Apa ? Perjalanan Telah selesai ? 
Setelah melalui perjalanan jutaan kilometer dan waktu 65 tahun, berjibaku dalam kesabaran dengan extra kekuatan, perjuangan dan ketabahan, perjalananku berakhir disini ?
Ditempat kecil, sesak, padat dan kumuh ? 

Tiba-tiba tubuhku lemah lunglai, semua anganku pergi.
_____________________________________________
Dia mengingat satu persatu perjalanan terpentingnya, memory nya mencoba mengingat kembali, antara sadar dan ketidakpercayaan
Apakah ini mimpi atau nyata ?

Dia mengingat anak pertamanya : 
laki-laki, tinggal Di Bandung, memiliki 1 anak dan tanggungan kredit rumah 20 tahun dengan gaji UMR.

Dia mengingat anak keduanya : laki-laki,
ada Di Kota ini tapi tidak bekerja, yang bekerja istrinya dengan gaji UMR dan memiliki 1 anak.

Anak ketiga wanita, anak ketiga inilah yang banyak menolong hidupnya, 
Tapi dia menikah dan tinggal dengan mertuanya 

Anak keempat wanita, menikah dan tinggal dengan mertuanya
_____________________________________________
Jadi ??? 
Benar, perjalanan panjang dengan anak-anakku telah selesai ?
Benar, perjalanan berat untuk anak-anakku telah berakhir ?

Aku melihat sekelilingku dan aku terkejut, 
Ternyata ini adalah rombongan Bus yang isinya para orang tua yang miskin di masa tuanya.

Aku berbisik lirih "Tuhan beri aku sebuah perjalanan lagi untuk diriku sendiri."

(Tulisan ini untuk seorang teman masa muda yang kini tinggal disebuah kontrakan satu kamar yang padat dan kumuh).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar